Judul :
Mozaik Teknologi Pendidikan
Penulis : Dewi
Salma Prawiradilaga dan Eveline Siregar
![](file:///C:\Users\SAMSUNG\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.jpg)
TEKNOLOGI PENDIDIKAN
A. Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan
Peningkatan mutu pendidikan merupakan isu sentral di
negara-negara yang sedang berkembang, termasuk Indonesia. teknologi pendidikan
merupakan bagian dari pendidikan yang ikut serta berupaya meningkatkan mutu
pendidikan melalui cara-caranya yang khas. Peningkatan mutu pendidikan dapat
dilakukan dengan cara merancang strategi yang dikenal dengan strategi
pembelajaran. Komponen pokok strategi pembelajarsn meliputi: kegiatan pembelajaran
pendahuluan, penyampaian materi pembelajaran, memancing penampilan siswa,
pemberian umpan balik, dan kegiatan tindak lanjut, berupa alih pengetahuan,
pemberian remedial dan pengayaan. Di dalam strategi pembelajaran berbasis
Multiple Intelligence (MI) dapat menjadikan siwa sebagai sang juara pada
bidang-bidang tertentu sesuai dengan kecerdasan yang menonjol pada dirinya,
karena setiap individu atau siswa selalu ada satu lebih kecerdasan menonjol
yang dimilikinya.
B. Pendayagunaan Teknologi Pendidikan
Dalam pendayagunaan teknologi pendidikan atau teknologi untuk pendidikan
terdapat di setiap negara. Namun, kita tahu bahwa teknologi pendidikan,
sebagaimana teknologi pada umumnya memiliki dua ciri pokok yaitu efisiensi dan
efektifitas. Teknologi pendidikan yang direncanakan, dikembangkan dan
dimanfaatkan secara baik dan benar akan membantu mengatasi masalah mutu,
tenaga, biaya dan sumber daya lainnya. Saingan dalam antar bangsa dalam
mempersiapkan anak-anak dan masyarakatnya memasuki era global melalui
pendayagunaan teknologi pendidikan, suka atau tidak suka telah berjalan sejak
lama bukan saja di Asia Tenggara, namun di belahan dunia lainnya. Pengembangan
pendayagunaan teknologi pendidikan atau teknologi teknologi pendidikan
seharusnya mendapatkan prioritas dalam upaya tertentu.
C. Teknologi Kinerja Dan Proses
Belajar
Persepsi jarang disinggung dalam tulisan terkait dalam proses belajar.
Padahal, cara pikir, minat, atau potensi dapat berkembang dengan baik jika
seseorang memiliki persepsi yang memadai. Kemudian pembelajaran merupakan salah
satu faktor yang mendukung perusahaan agar mampu beradaptasi tehadap perubahan
lingkungan dan mencapai keunggulan kompetitif melalui peningkatan intelegensi
organisasi.
Dalam pembelajaran berbantuan komputer, rencangan instruksional haruslah
dikembangkan atas dasar pemahaman bagaimana proses belajar terjadi pada diri
setiap individu. Penggunanaan komputer dalam pembelajaran bukanlah dimaksudkan
untuk menciptakan mesin-mesin yang mampu mengajar melainkan untuk menciptakan
sebuah lingkungan belajar yang produktif.
Diperlukan konsep sederhana untuk membantu mengingatkan dan mempermudah
pemahaman-pemahaman dalam menciptakan suatu organisasi belajar dengan
menyajikan konsep, asumsi, tipologi gaya belajar, dan kompeten yang dimiliki
oleh organisasi yang ingin mewujudkan dirinya menjadi organisassi belajar.
D. Pemerataan Kesempatan Belajar
E-learning adalah pembelajaran yang memerlukan alat bantu. aplikasinya
ialah untuk pembelajaran, khususnya pembelajaran terbuka dan jarak jauh. hal
itu merupakan salah satu cara agar dalam pembelajaran tersebut diharuskan dalam
forum tatap muka.
Dalam mengenali kemampuan dan fungsi telematika, kita menyimpulkan bahwa
telematika dapat berfungsi sebagaoi sarana sumber daya dan pembudaya terhadap
perorangan dan kelompok masyarakat. Pada tingkat operasional dalam menunjang
kegiatan manusia maka nilai utama telematika juga tidak lepas dari risiko,
seperti kesenjangan ketimpangan pemerataan akses pada informasi, dan
ketergantungan akan teknologi. Penerapan pendidikan jarak jauh misalnya pada
sekolah atau perguruan tinggi terbuka.
E. Pelangi Teknologi Pendidikan
Dalam kaitan pelangi pendidikan dapat dikaji dalam praktik teknologi
pendidikan di berbagai bidang yang terkait dengan masalah-masalah belajar.
seperti dalam pendidikan itu, dapat dirasakan oleh semua orang atau tidak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar